Popular Post

Posted by : Unknown Jumat, 06 Desember 2013

Jika ada wawancara dengan Bule, Trus ditanya tuh bule, “Apa yang anda sukai dari Indonesia?” Jawabannya pasti they are religic, kind, friendly blab la bla…
Bener ga masyarakat kita ramah? Bener.. tapi kalo ngeliat bule sih sebenernya bukan ramah, tapi kepo. Hahaha. Kepo kenapa? Yaiyalah, kalo subyektif ane kan bule itu jarang masuk ke kota yang pariwisata dikit, apalagi masuk ke pinggiran kota itu. Pernah nih dulu di masjid waktu ane ngaji di TPA masjid itu, eh ada bule sepasang nyelonong masuk. Namanya aja anak kecil, lihat orang asing gitu kan pasti kepo dan berkerumun. Diajak deh ngomong sama si bule. Walaupun ngomongnya amburadul. Itulah kenapa masyarakat kita terkesan ramah. Bukan hanya dengan bule. Tentunya dengan orang orang di sekitar.


Nah budaya ramah itu baik ga sih?? Awalnya sih ane pikir budaya ramah itu baik. Bangga deh kalo kita dibilang ramah. Tapi dibalik keramahan itu tentu tersimpan sesuatu yang buruk. Bagai dua sisi dalam satu mata koin. Disisi ramah itu ada juga sisi kompromi. Hal ini ane sadari waktu guru ane sendiri yang bilang. “…. Orang barat terkesan cuek jadinya cenderung  individualis dan disiplin.. Dan orang Indonesia wataknya ramah, jadinya cenderung kompromi…” (quotes by Gempur Degg…
Kenyataan yang baru ane sadar. Kita ramah dan cenderung kompromi. Satu hal buruk yang ane tau tentang kompromi adalah menjurus ke tingkah laku yang korup. Gimana bisa perilaku ramah menjurus ke tindakan korup. Ya gampangnya untuk contoh jika kita adalah seseorang yang punya jabatan di perpajakan. Lalu kita ketemu temen lama yang punya usaha gede. Temen kita nih minta bantuan buat motong pajak wajib dia. Nah disitulah letak sifat ramah kompromi kita. Sebagai teman lama yang mungkin punya utang budi, mungkin saja kita tak bisa menolak teman kita ini. Karena itu terjadilah penyelewengan yang artinya korupsi. Contoh lain, Di sekolah ada siswa bernama toni adalah petugas piket tatib harian. Gataunya rina telat masuk dan gerbang udah dikunci. Si toni yang ada admire sama rina sekaligus temen ndiri ga tega juga kalo rina ga boleh masuk. Akhirnya si toni ngijinin rina masuk walau itu melanggar peraturan sekolah. Mudah kompromi kan kita??

Ane juga ga luput dari kesalahan. Pernah nih kompromi sama polisi. Ada pepatah berbunyi “Damai itu 20.000” tapi nyatanya pepatah itu ga sepenuhnya bener. Pas sial banget ane ga bawa helm, ga bawa helm, SIM, STNK, ane malah ke cegat polisi butuh duit. Eh tuh polisi nya sok tegas. Ane sih pasrah aja, mau ditilang ya tilang aja gapapa. Tapi Ujung ujungnya ya 50.000 buat damai. Jadi pepatah Damai itu 20.000 harus diubah jadi Damai itu 50.000. Karena males siding jadi ya ane bayar aja deh 50.000.


Jadi guys.. Bukannya ane ngajarin kita buat cuek atau apatis nih. Tapi saran ane, jangan jadikan keramahan masyarakat kita buat berbuat sesuatu yang merugikan orang banyak ya guys. Jadilah orang yang idealis guys.  Jika mungkin ada yang ngajak berkompromi, kita orang yang ramah ga mungkin kita langsung nolak gitu. Tolaklah secara halus. Jangan biarkan keramahan kita untuk menjadikan bangsa kita bangsa yang korup. J

Leave a Reply

Tinggalkan komentar anda sebagai apresiasi untuk penulis. Thanks. :D

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © WaWasan Ane - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -