Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 26 Desember 2013

Halo Guys. Kalian yang udah kelas 12 ini pasti ketar-ketir kan mendekati penghujung Tahun Ajaran ini. Kalian pasti khawatir gimana caranya masuk Jalur Undangan. Oke, cukup buat chit-chat nya. Ini mimin kasih tau hal-hal yang mempengaruhi kita dalam mendapatkan Jalur Undangan.


Pertama, Nilai Rapor Semester 3-5
wew. Kalo ini udah basi ya.. kita pasti udah dikasih tau jauh-jauh hari kalo biar masuk Jalur Undangan itu mesti Rapor nya dari kelas 11 sampe 12 semester 1 harus naik terus.

Kedua, Nilai Unas
Ternyata Nilai Unas kita juga menentukan bisa tidaknya kita Masuk SNMPTN. Sebagai mana kita tau di point pertama disebutkan Nilai Rapor kita dari semester 3-5 harus naik. Kenapa cuman sampe semester 5? Ternyata semester 6-nya diganti Unas bray. Jadi nilai Unas ente juga bakal mempengaruhi.

Ketiga, Track Record Sekolah
Sekolah kamu menentukan kualitas kamu.. Gak adil ya?? Ya tapi emang begitulah kenyataannya.. Jadi kalo sekolah kamu terkenal bagus, Ber-ISO, atau RSBI, atau menjadi sekolah Kawasan, ini ternyata memperbesar peluang kamu mendapatkan Jalur Undangan. Oiya, Alumni yang diterima di Universitas tertentu melalui Jalur Undangan namun tidak diambil maka akan membuat Track Record sekolah menjadi buruk di mata Universitas tersebut.

Keempat, Alumni Sekolah yang belajar di Universitas pilihan.
Maksudnya, Banyak ga sih Alumni sekolahmu yang masuk di Universitas pilihan yang kamu pilih. Kalo banyak, ternyata peluangmu mendapat jalur Undangan makin besar.

Kelima, Tingkatan Jurusan
Jangan sampai salah memasukkan tingkatan jurusan pilihan mu. Karena bila salah tingkatan maka kamu akan gagal masuk Jalur Undangan. Misal pilihan jurusanmu adalah Kedokteran di UI dan Akuntansi di UI. Banyak yang menganggap Kedokteran di UI lebih bagus daripada Akuntansi-nya lalu kedokteran dijadikan pilihan pertama dan akuntansi di pilihan kedua, padahal sebaliknya. Hal semacam ini menjadikan anda tidak mendapatkan Jalur Undangan.

Keenam, Kelengkapan Data-Data
Dari ribuan pendaftar banyak yang gagal hanya karena Data-Data siswa yang diserahkan pihak sekolah tidak lengkap. Hal ini yang menyebabkan siswa tidak lolos pada tahap screening atau pengecekan kelengkapan data. Asal tau aja bray. Data siswa yang ga lengkap bakal langsung disisihkan tanpa tau layak tidaknya siswa masuk PTN alias siswa tak berkesempatan masuk Tahap Seleksi.

Okedeh itu hal-hal yang mempengaruhi siswa masuk tidaknya ke Jalur Undangan. For Your Information ajadeh... Bener gak-nya ya maaf.. Tapi sejauh ini itu informasi yang mimin tau.. :D

Tinggalkan Jejakmu dengan memberi Komentar pada kolom Coment dibawah ini. Sedikit Tak apa, karena hal itu merupakan penghargaan bagi penulis #respect. Thanks For Reading.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Tinggalkan komentar anda sebagai apresiasi untuk penulis. Thanks. :D

- Copyright © WaWasan Ane - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -